Hi! Welcome Back and Stay Tune! Sering Marah? Coba Lakukan 3 Hal Ini Sederhana Agar Emosi Kamu Reda - Mukah Pages : Media Marketing Make Easy With 24/7 Auto-Post System. Find Out How It Was Done!

Header Ads

Sering Marah? Coba Lakukan 3 Hal Ini Sederhana Agar Emosi Kamu Reda




Saat marah kadang kita bisa lupa diri. Emang bener itu bisa terjadi, karena marah menjadi pintu setan untuk merusak akal manusia. So, apa yang harus kita lakukan saat amarah melanda?

1. Membaca Taawudz
Dari Sulaiman bin Shurad beliau berkata, “(Ketika) aku sedang duduk bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ada dua orang laki-laki yang sedang (bertengkar dan) saling mencela, salah seorang dari keduanya telah memerah wajahnya dan mengembang urat lehernya. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya aku mengetahui satu kalimat yang seandainya dia mengucapkannya maka niscaya akan hilang kemarahan yang dirasakannya. Seandainya dia mengatakan, “Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk”, maka akan hilang kemarahan yang dirasakannya.” (HR al-Bukhari (no. 5764) dan Muslim (no. 2610).

2. Diam
Saat marah emang rasanya pengen banget memaki-maki. Tetapi, kudu ditahan apa yang ingin keluar dari lisan, Sob.

Dari ‘Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika salah seorang dari kalian marah maka hendaknya dia diam.” (HR Ahmad (1/239) dan al-Bukhari dalam “al-Adabul mufrad” (no. 245), dinyatakan shahih dengan penguatnya oleh Syaikh al-Albani dalam “ash-Shahiihah” (no. 1375).

3. Duduk atau Berbaring
Melakukan hal ini bisa mengalihkan perhatian agar nggak melakukan tindakan yang buruk, Sob.

Dari Abu Dzar al-Gifari bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika salah seorang dari kalian marah dalam keadaan berdiri maka hendaknya dia duduk, kalau kemarahannya belum hilang maka hendaknya dia berbaring.” (HR Abu Dawud (no. 4782), Ahmad (5/152) dan Ibnu Hibban (no. 5688), dinyatakan shahih oleh imam Ibnu Hibban dan syaikh al-Albani).

Emang kadang susah banget buat menahan amarah, apalagi kalau kita sudah menganggap bahwa yang dilakukan orang lain itu kelewat batas. Tetapi, Allah SWT menjanjikan balasan yang jauh lebih baik bagi orang yang bisa menahan amarah, Sob.

Hadits dari Mu’adz bin Anas, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang dapat menahan marahnya padahal ia mampu untuk meluapkannya, maka Allah akan memanggilnya dihadapan para makhluk pada hari kiamat sehingga orang itu memilih bidadari cantik sesuka hatinya.” (HR. Abu Daud no. 4777 dan Ibnu Majah no. 4186. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Allahu a’lam.

Sumber: mediasi.me








Sumber islamidia.com http://ift.tt/2hEKEOt

No comments

Comments are welcome and encouraged on this site. Comments deemed to be spam or solely promotional will be deleted. Including link to relevant content is permitted, but comments should be relevant to the post topic.

Comments including profanity and containing language that could deemed offensive will also deleted. Please respectful toward other contributors. Thank you.