Hi! Welcome Back and Stay Tune! Inilah Keistimewaan 4 Sudut Ka’bah yang Jarang Diketahui Orang - Mukah Pages : Media Marketing Make Easy With 24/7 Auto-Post System. Find Out How It Was Done!

Header Ads

Inilah Keistimewaan 4 Sudut Ka’bah yang Jarang Diketahui Orang




Nama-nama Sudut Ka’bah, seperti Rukun Yamani, Rukun Iraqi, Rukun Aswad (Hajar Aswad) serta Rukun Syami tentu bukanlah adalah kata yang asing lagi untuk Anda yang pernah melakukan beribadah umroh atau haji. Tetapi untuk yang belum memiliki kesempatan menginjakkan kaki di Tanah Suci Makkah pastinya akan penasaran dengan beberapa nama itu.

Ke empat nama itu terkait erat dengan Sejarah Kabah di tanah suci Mekkah. Dalam bahasa Arab, Rukun berarti ‘sudut’ atau ‘pojok’, dapat juga disimpulkan sebagai tiang. Serta kata pendamping seperti Yamani, Iraqi, Aswad, Syami masing-masing adalah sebutan beberapa sudut Kabah.

Rukun Yamani serta Rukun Aswad, keduanya dimaksud juga dengan nama ‘Dua Rukun Yamani’ lantaran ke-2 rukun ini menghadap ke arah negeri Yaman.

Rukun Aswad kerap dimaksud dengan Hajar Aswad atau Batu Hitam. Rukun ini dikira sebagai sudut yang paling mulia serta lebih disukai oleh golongan muslimin lantaran begitu istimewa serta mempunyai nilai historis dalam histori Islam.

Beberapa jamaah haji atau umrah umumnya meluangkan diri untuk mencium serta menyeka Hajar Aswad lantaran pernah dicontohkan oleh Rasulullah SAW serta beberapa teman dekat. Di samping hajar aswad ada Multazam yang disebut tempat paling mustajab untuk memohon ampun serta berdoa pada Allah SWT di tanah suci Makkah.

Tidak kalah istimewanya dengan Rukun Hajar Aswad, Rukun Yamani adalah rukun yang posisinya sejajar lurus dengan Hajar Aswad. Di pojok ini tiap-tiap jemaah yang tengah bertawaf disunnahkan untuk menyeka dengan tangan kanan atau cukup hanya menyalami serta melambaikan tangan ke arah pojok ini dengan mengucap “Bismillahi Allahu Akbar”.

Menurut kisah dari Ibnu Abbas RA, Nabi Muhammad SAW cuma menyalami Hajar Aswad serta Rukun Yamani saja. Sesaat Ibnu Umar RA mendengar Rasulullah SAW bersabda:

“Sebenarnya menyeka keduanya, yaitu Hajar Aswad serta Rukun Yamani bisa meniadakan dosa-dosa”

Saat Rasulullah SAW ada di antara dua rukun ini yakni Rukun Yamani serta Rukun Hajar Aswad, beliau senantiasa melantunkan doa:

رَبَّنَآ آتِنَا فِي ٱلدُّنيَا حَسَنَةً وَفِي ٱلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

“Wahai Tuhan kami, berilah kami kabaikan di dunia serta kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa api neraka” (QS. Al-Baqarah : 201)

Dalam satu kisah dikisahkan, tiap-tiap Rasulullah SAW melalui pojok ini tampak ada malaikat yang selalu mengatakan amin, sebagai jawaban dari doa beliau. Diluar itu, Rukun Yamani juga diakui oleh beberapa ulama sebagai satu diantara tempat yang begitu mustajab untuk berdoa, lewat cara menempatkan tangan kanan lantas memohon pada Allah SWT apa yang kita kehendaki.

Lalu setelah itu yaitu Rukun Iraqi serta Rukun Syami. Ke-2 rukun ini dimaksud juga ‘Dua Rukun Syamiani’ lantaran posisinya menghadap ke negeri Syam yang saat ini mencakup semuanya negara di pantai timur Laut Tengah, seperti Yordania, Palestina, Suriah, serta Libanon.

Sekianlah Kelebihan 4 Pojok Ka’bah Yang Tidak sering Di ketahui golongan muslimin, Yang belum pernah menginjakkan kaki di tanah suci Makkah mudah-mudahan selekasnya di panggil oleh Allah SWT untuk melaksanakan ibadah di sana, Aamiin ya rabbal alamiin.

Sumber: infomoeslim.com








Sumber islamidia.com http://ift.tt/2fo6eJp

No comments

Comments are welcome and encouraged on this site. Comments deemed to be spam or solely promotional will be deleted. Including link to relevant content is permitted, but comments should be relevant to the post topic.

Comments including profanity and containing language that could deemed offensive will also deleted. Please respectful toward other contributors. Thank you.