Hi! Welcome Back and Stay Tune! Kisah Nabi Sulaiman yang Ingin Memberi Makan Semua Makhluk di Muka Bumi - Mukah Pages : Media Marketing Make Easy With 24/7 Auto-Post System. Find Out How It Was Done!

Header Ads

Kisah Nabi Sulaiman yang Ingin Memberi Makan Semua Makhluk di Muka Bumi




Nabi Sulaiman AS adalah salah satu nabi yang diutus oleh Allah. Beliau diberi kelebihan lain dibandingkan dengan nabi lainnya, yaitu diberi kekayaan yang melimpah. Konon, kekayaan orang-orang terkaya di dunia sekarang jika disatukan tidak akan mampu menandingi kekayaan Nabi Sulaiman.

Walau diberi harta yang melimpah, Nabi Sulaiman tetap seorang hamba yang taat dan beriman kepada Allah. Dia tidak sombong atau pelit dengan kekayaan yang dimiliknya. Bahkan hingga suatu ketika, Nabi Sulaiman berkeinginan dan merasa mampu memberi makan semua makhluk hidup di Bumi ini, termasuk hewan di darat, laut dan udara.

Kisah tersebut diceritakan dalam Kitab Durrotun Naashihiin Fii Al-Wa’izhin Wa Al-Irsyad, karya Syekh ‘Utsman bin Hasan bin Ahmad Asy-Syakir Al-Khowbawiy. Beliau merupakan ulama yang hidup pada tahun 13 Hijriyah.

Nabi Sulaiman pernah memohon kepada Allah untuk mengizinkannya memberi makan semua makhluk hidup di bumi. Namun Allah tidak langsung mengabulkan doa Nabi Sulaiman dan menjawab, “Sungguh, engkau (Nabi Sulaiman) tidak akan mampu.”

ilustrasi-kekayaan-nabi-sulaiman-compressed

Namun, Nabi Sulaiman tidak menyerah begitu saja, beliau kembali mengajukan permohonan kepada Allah, hingga akhirnya Allah mengabulkan doa Nabi Sulaiman untuk memberi makan seluruh makhluk hidup di dunia ini.

Setelah itu, mulailah Nabi Sulaiman memerintahkan para pasukannya, mulai dari manusia, hingga jin untuk memberitahu kepada seluruh makhluk hidup di bumi untuk menghadiri undangan jamuan makannya.

Menurut cerita dalam kitab tersebut, makanan yang disajikan Nabi Sulaiman memiliki panjang setara dengan satu bulan perjalanan, begitupun dengan lebarnya. Lalu Allah bertanya kepada Nabi Sulaiman, “Makhluk manakah yang akan memulai (memakan hidangan yang kamu sediakan)?” Nabi Sulaiman menjawab, “Mereka yang mendarat di darat dan di laut.”

Kemudian dengan kekuasan-Nya, Allah memerintahkan satu makhluk besar dari golongan ikan untuk pertama kali menyantap makanan yang disajikan Nabi Sulaiman.

Alangkah terkejutnya Nabi Sulaiman ketika melihat satu ikan besar itu melahap semua hidangan yang sudah disediakannya. Ikan itu kemudian berkata, “Hai Sulaiman, kenyangkanlah perutku, kini aku masih merasa lapar.”

Seketika itu pula, Nabi Sulaiman langsung bersujud sambil menangis kepada Allah memohon ampunan karena merasa sombong dan merasa mampu memberi makan semua makhluk hidup. Satu ikan saja ternyata masih belum cukup.

Pelajaran yang bisa diambil dari kisah Nabi Sulaiman ini mengingatkan kita bahwa Allah itu benar-benar Maha Kaya, dan tidak ada yang bisa menandingi kekayaan Allah SWT. Bahkan, kekayaan Nabi Sulaiman saja tidak sanggup untuk membuat kenyang satu ekor ikan pun yang merupakan makhluk ciptaan Allah.

Sementara Allah setiap harinya memberikan rizki dan makanan kepada semua makhluk hidup yang jumlahnya tak terhingga. Jadi, apa yang bisa kita sombongkan di depan Allah?

Sumber: wowmenariknya.com








Sumber islamidia.com http://ift.tt/2dbm7CU

No comments

Comments are welcome and encouraged on this site. Comments deemed to be spam or solely promotional will be deleted. Including link to relevant content is permitted, but comments should be relevant to the post topic.

Comments including profanity and containing language that could deemed offensive will also deleted. Please respectful toward other contributors. Thank you.