Hi! Welcome Back and Stay Tune! Habiskan USD 2,2 Miliar, Kapasitas PLTU Cirebon Ditambah 1.000 MW - Mukah Pages : Media Marketing Make Easy With 24/7 Auto-Post System. Find Out How It Was Done!

Header Ads

Habiskan USD 2,2 Miliar, Kapasitas PLTU Cirebon Ditambah 1.000 MW

Merdeka.com – PT Cirebon Energi Prasarana segera menambah kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) sebesar 1.000 megawatt (MW). Sebelumnya PLTU Cirebon ini sudah membantu pasokan listrik untuk Jawa, Madura, dan Bali dengan kapasitas 660 megawatt dan sudah dioperasikan sejak 2012.

“Kita tambah 1.000 megawatt nilainya USD 2,2 miliar. Semuanya ada loan ada equity. Loan 75 persen, equitynya 25 persen,” kata Presiden Direktur PT Cirebon Energi Prasarana Heru Dewanto usai menemui Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (14/3).

Penambahan kapasitas diharapkan bisa menambah pasokan listrik di Pulau Jawa dan Bali. Dia menyebut, proyek ini tengah dalam tahap final siklus untuk segera dibangun. Ditargetkan dapat segera beroperasi pada 2020 akhir. “Sudah dimulai pekerjaan awal. Pemantapan lahan, pemagaran, jalan akses, kemudian desain dan DP ke manufacturing, 2020 nanti sudah bisa beroperasi,” katanya.

Dalam proyek ini, PT Cirebon Energi Prasarana bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk pengadaan lahan. Lahan seluas 200 hektar dimanfaatkan sesuai dengan aturan yang dianjurkan pemerintah.

“Regulasi yang dikeluarkan pemerintah untuk memanfaatkan tanah negara yang tidak termanfaatkan. Lokasinya di Kanci (Cirebon),” ucapnya.

Untuk pasokan batubara, Heru mendatangkan langsung dari Kalimantan dengan kebutuhan mencapai 3,2 juta ton batubara pertahunnya untuk Unit II. Sementara Unit I sebelumnya sebesar 2,3 juta ton batubara.

Dia meyakinkan, penggunaan batubara dalam proyek listriknya tidak mengancam lingkungan. Sebab teknologi yang digunakan merupakan batubara bersih yang menghasilkan emisi jauh di bawah ambang batas yang diatur pemerintah.

“Saya sampaikan angkanya kalau batas pemerintah 750mg per meter kubik. Kita hanya 212 mg per meter kubik. Jadi jauh di bawah,” kata dia. Dalam waktu dekat direncanakan Presiden Joko Widodo akan hadir dalam groundbreaking pembangunan PLTU Unit II ini.

Ahmad Heryawan mendukung proyek PLTU Unit II. Apalagi teknologi yang digunakan minim polusi yang mengancam lingkungan. Meski demikian pihaknya mengaku akan mengawasi pembangunan tersebut agar masyarakat sekitar PLTU tidak terlupakan.

“Jangan sampai ada peristiwa di situ masyarakat paling dekat nggak kebagian. Makanya saya syaratkan tadi apapun masalahnya harus kebagian terlebih dahulu,” ujarnya. [idr]

>Untuk meneruskan bacaan klik link ini http://ift.tt/2mnDEZv

✍ Sumber : ☕ Siakapkeli


Mukah Pages memuat-naik beraneka jenis artikel menarik setiap jam tanpa henti dari pelbagai sumber. Enjoy dan jangan lupa untuk 👍 Like & 💕 Share!

No comments

Comments are welcome and encouraged on this site. Comments deemed to be spam or solely promotional will be deleted. Including link to relevant content is permitted, but comments should be relevant to the post topic.

Comments including profanity and containing language that could deemed offensive will also deleted. Please respectful toward other contributors. Thank you.